animasi

Rabu, 26 Oktober 2016

Hasil gambar untuk bahaya narkoba bagi kesehatan
Efek narkoba pada fisik

Ada banyak sekali bahaya yang akan dialami seseorang ketika menggunakan narkoba ini, seperti ;
  • Gangguan pada sistem syaraf atau neurologis
  • Gangguan pada pembuluh darah atau jantung atau disebut juga dengan gangguan kardiovaskular.
  • Gangguan pada dermatologis atau ganggguan pada kulit.
  • Gangguan pada pulmoner atau pada paru-paru.
  • Ganggguan terhadap kesehatan, seperti sering sakit kepala, sering merasa mual bahkan muntah, suhu tubuh meningkat, mengalami insomia, mengecilnya liver atau hati, dll.
  • Gangguan terhadap organ reproduksi terutama pada paendokrin, seperti estrogen, testosteron, dan progesteron, juga adanya gangguan pada fungsi seksual.
  • Pada remaja juga akan terjadi gangguan pada organ reproduksi, seperti perubahan masa mestruasi, tidak teraturnya haid, dll.
  • Jika menggunakan jarum suntik maka akibatnya akan tertular penyakit hepatitis B, C bahkan HIV.
  • Seseorang yang menggunakan narkoba secara berlebihan dapat menyebabkan resiko kematian.

Efek  narkoba pada psikologi

Selain berbahaya bagi fisik, ada juga bahaya pada masalah psikologi, seperti ;
  • Lamban dalam bekerja, sering ceroboh, sering tegang, dan sering merasa gelisah.
  • Tidak percaya diri, sering merasa curiga, apatis dan juga sering berkhayal.
  • Tidak dapat berkonsentrasi dengan baik, lebih mudah kesal, dan sering merasa tertekan.
  • Ada rasa tidak aman, lebih sering menyakiti diri sendiri, dan bahkan ada perasaan ingin bunuh diri.

Efek narkoba bagi lingkungan

Seseorang yang menggunakan narkoba biasanya tidak dapat bersosialisasi dengan baik, namun tidak hanya itu, seorang pengguna narkoba biasanya menderita gangguan mental, pendiam, ada 

Efek narkoba pada dunia hukum

Setiap negara mempunyai aturan tersendiri tentang penyalahgunaan narkoba ini. Di negeri ini, seorang pengguna dan juga pengedar narkoba tentunya akan dijatuhi hukuman yang setimpal. Hal seperti ini tentu saja akan berdampak buruk bagi pengguna tersebut. Efek narkoba pada pendidikan
Jika seorang pengguna adalah seorang pelajar maka secara otomatis masa depan di dalam dunia pendidikan akan hancur. Tidak banyak sekolah yang mau menerima muridnya menggunakan atau bekas pengguna narkoba, secara tidak langsung hal ini akan merusak masa depan pelajar tersebut.

Efek narkoba pada masa depan

Siapapun yang menggunakan narkoba tentunya akan sangat berpengaruh pada masa depannya. Dalam segi fisik ada banyak sekali kerusakan yang terjadi pada tubuhnya, dan hal seperti itu tidak dapat diobati dengan segera dan tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama. Tidak hanya itu dalam segi bersosialiasi dan juga dunia kerja, seorang pengguna atau bekas pemakai biasanya tidak dapat bekerja dengan baik, karena beberapa kerusakan yang terjadi pada organ tubuhnya terutama otak.
Seseoran yang telah menggunakan narkoba ini biasnya tidak mudah untuk lepas atau berhenti menggunakan narkoba ini. Untuk itu seorang penderita atau pengguna narkoba memerlukan bimbingan atau konseling yang baik, agar dapat lepas dari jeratan candu yang selama ini membelenggunya. Salah satunya adalah adanya dukungan dan dorongan dari orang-orang yang dikasihinya, dan tidak mengisolir seseorang yang pernah menggunakan narkoba tersebut. Untuk itu setiap orang harus berperan serta untuk dapat mengatasi bahaya narkoba ini, agar tidak merusak diri dan juga orang yang dikasihi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar